Selasa, 15 April 2014

PENGENALAN SPK

Sistem Pendukung Keputusan atau sering disingkat sebagai SPK atau DSS dalam English adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan/manajemen pengetahuan) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Sehingga dapat juga dikatakan SPK sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah semi-terstruktur yang spesifik (sebagian referensi yang saya baca menyatakan bahwa domain SPK adalah masalah yang semi-terstruktur). Masalah semi terstruktur itu sendiri adalah gabungan antara masalah yang bersifat tangble (terukur) dan intangble (tidak terukur).
TUJUAN
1. Membantu manajer dalam menyelesaikan masalah semi-terstruktur.
2. Mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya; Dimana komputer dapat ditetapkan pada bagian masalah yang terstruktur, tetapi manajer bertanggungjawab atas bagian yang tak terstruktur – menerapkan penilaian atau intuisi, dan melakukan analisis.
3. Meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan daripada efisiensinya; Dimana manajer mungkin saja menghabiskan waktu ekstra untuk memperhalus solusi sehingga mencapai optimum, tetapi ketelitian yang meningkat serta manfaat utama untuk keputusan terbaik senilai dengan waktu dan usaha yang telah dikeluarkan.
FAKTOR PENDUKUNG SPK
1. Faktor teknologi
2. Faktor kompleksitas struktural
3. Faktor pasar internasional
4. Faktor stabilitas politik
5. Faktor konsumerisme
6. Faktor intervensi pemerintah
7. Faktor informasi yang berkaitan dengan masalah tersebut,
8. Faktor gaya pengambilan keputusan dan
9. Faktor kemampuan intelegensi ,persepsi, dan falsafah
10. Pertimbangan pengambil keputusan
TAHAPAN
Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mendesain suatu Sistem Pengambilan Keputusan:
1. Definisi masalah
2. Pengumpulan data atau elemen informasi yang relevan
3. Pengolahan data menjadi informasi baik dalam bentuk laporan grafik maupun tulisan
4.  Menentukan alternatif-alternatif solusi (bisa dalam persentase)
Diagram alur pengambilan keputusan
Diagram alur pengambilan keputusan
Dalam suatu organisasi/perusahan menengah keatas, SPK biasanya terdapat pada level Middle-Management dan merupakan bagian dari Management Information System/MIS. Namun seperti sistem komputer lain pada umumnya, SPK tidak dapat diterapkan pada organisasi/perusahaan yang berada dalam kondisi “negatif” atau tidak berkembang (cendrung menurun), karena biasanya perusahaan/organisasi dalam kondisi seperti itu mengabaikan akurasi keputusan atas suatu masalah.
Secara umum, komponen utama dari SPK terdiri dari 4 bagian utama, yaitu;
1. Input
2. Pengetahuan user/pengalaman
3. Output
4. Keputusan
Komponen SPK
JENIS SPK
SPK dapat dibedakan menurut tingkat kerumitan dan tingkat dukungan pemecahan masalahnya adalah sebagai berikut:
• Mengambil elemen-elemen informasi.
• Menaganalisis seluruh file.
• Menyiapkan laporan dari berbagai file.
• Memperkirakan dari akibat keputusan.
• Mengusulkan keputusan.
• Membuat keputusan.
KESIMPULAN
SPK sangat bermanfaat bagi kinerja keseluruhan perusahaan/organisasi. SPK dirancang untuk memfasilitasi manajer dengan output/parameter yang bermanfaat sebagai bahan pertimbangan/masukan/acuan didalam keputusan akhirnya, bukan untuk menghilangkan kesalahan pengambilan keputusan, karenanya  pengguna SPK harus memahami betul arti dari output/parameter yang dihasilkan oleh SPK sebelum menarik kesimpulan/mengambil keputusan. Seiring dengan perkembangan teknologi, SPK kedepannya akan terus berubah dan beradaptasi sesuai dengan tantangan, dan kesempatan yang ada didunia industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar